HOTs merupakan
kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. HOTs juga
berkaitan dengan tiga hal, yaitu: transfer, berpikir kritis, dan pemecahan
masalah. Transfer merupakan kemampuan siswa memanfaatkan apa yang telah
dipelajari dalam kehidupan. Berpikir kritis dimaksudkan sebagai berpikir
rasional dan reflektif serta difokuskan pada pengambilan keputusan untuk
mempercayai serta melakukan sesuatu atau tidak. Pemecahan masalah merupakan
kemampuan siswa memanfaatkan apa yang telah dimiliki untuk memecahkan
permasalahan yang sebelumnya belum ditemukan (tidak rutin).
Proses pembelajaran
yang menggunakan HOTs memerlukan penilaian yang bersifat HOTs juga. Penilaian pembelajaran
HOTs memiliki prinsip:
- Menyajikan stimulus bagi siswa untuk dipikirkan, biasanya dalam bentuk pengantar teks, visual, skenario, wacana, atau masalah (kasus).
- Menggunakan permasalahan baru bagi siswa, belum dibahas di kelas, dan bukan pertanyaan hanya untuk proses mengingat.
- Membedakan antara tingkat kesulitan soal (mudah, sedang, atau sulit) dan level kognitif (berpikir tingkat rendah dan berpikir tingkat tinggi).
Soal-soal yang dikembangkan oleh guru di sekolah diharapkan
dapat mendorong peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswanya,
meningkatkan kreativitas, serta membangun kemandirian siswa untuk menyelesaikan
masalah.
Berikut ini link download Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS
yang dapat anda unduh langsung.
Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS
Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS
SEMOGA BERMANFAAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar